Sabtu, 23 Maret 2013

danau

Keunikan Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna




Danau Kelimutu dari udara
Objek wisata Danau Kelimutu atau yang biasa disebut Danau Tiga Warna yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini memang memiliki keunikan yang luar biasa. Di puncak gunung Kelimutu yang memiliki ketinggian 1.640 meter dpl ini terdapat 3 buah danau yang berbeda-beda warnanya yaitu merah, biru dan putih dan dapat berubah-ubah warnanya seiring berjalannya waktu. Danau Kelimutu sendiri terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur tepatnya di desa Pemo kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende dan berjarak 66 km dari kota Ende.

Nama Kelimutu berasal dari gabungan kata "Keli" yang berarti gunung dan "Mutu" yang berarti mendidih. Ketiga danau ini memiliki luas 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Dua danau memiliki jarak yang sangat dekat hanya dipisahkan semacam dinding, sedangkan danau yang satu berjarak sekitar 1 km dari danau lainnya.
Penduduk sekitar juga memberi masing - masing nama ketiga danau itu. Danau yang berwarna merah bernama "Tiwu Ata Polo" yang menurut kepercayaan penduduk setempat adalah tempat berkumpulnya orang yang meninggal yang selama hidupnya melakukan kejahatan. Sedangkan danau yang berwarna biru diberi nama "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" yaitu tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang meninggal, dan yang berwarna putih bernama "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya orang tua yang meninggal menurut kepercayaan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar